Enjoy cooking
Browse through over
650,000 tasty recipes.
Home » » Tahu Campur yang Melegenda

Tahu Campur yang Melegenda

Makanan Khas Jawa,  Makanan Khas Jawa Timur,  Makanan Khas Jawa Barat,  Makanan Khas Jawa Tengah,  Makanan Khas Jawa Tradisional,  Makanan Khas Jawa Murah, Makanan Khas Jawa Bergizi, Makanan Khas Jawa,  Aneka Makanan Khas Jawa, Wisata Makanan Khas Jawa


Tahu campur  merupakan makanan khas dari daerah utara yang langsung berbatasan dengan Laut Jawa lebih tepatnya Lamongan. Bahan utama dari tahu campur sendiri adalah daging sapi, daging sapi dalam masakan tahu campur biasanya disebut dengan kikil, sebelum saya membahas tahu campurnya. Saya akan bahas terlebih dahulu mengenai perkedel singkong yang ada dalam masakan tahu campur lamongan, bahan utamanya singkong yang sudah di parut, daun bawang, minyak goreng. Lalu bumbu yang dihaluskan daun jeruk purut, kencur, ketumbar butiran, jintan, bawang putih, garam, kunyit, kemudian haluskan dengan cara di blender atau diuleg.
Sedangkan untuk bahan pelengkap dari tahu campur lamongan adalah sambal petis udang, mie basah, tauge, daun selada kering, tahu putih yang sudah dipotong 1 ½ centimeter, bawang merah yang sudah di goreng, kerupuk bawang/kerupuk udang/kerupuk sesuai selera kalian. Untuk pembuatan tahu campur lamongan langkah pertama membuat kaldunya, dengan cara didihkan air lalu rebus daging sapi hingga empuk  dan lunak kemudian angkat daging sapinya potong sekitar 2 cm dengan mengecilkan apinya kalau sudah masukan kembali daging sapi yang sudah terpotong tadi kedalam air kaldu. Selanjutnya panaskan minyak goreng terlebih dahulu, tumis bumbu yang sudah dihaluskan untuk kaldu agar baunya wangi dengan menambahkan daun jeruk, kalau sudah campurkan bumbu yang ditumis dengan kaldu tadi aduk hingga merata agar seluruh bumbunya meresap tunggu hingga masak.
Untuk perkedel singkong tadi campurkan singkong parut, daun bawang, dan bumbu halus untuk perkedelnya. Lalu bentuk perkedel menjadi lonjong atau sesuai selera kalian, kemudian goreng hingga kecoklatan tunggu sampai matang lalu angkat dan tiriskan. Selanjutnya perkedel dipotong tipis-tipis. Tahap akhirnya sediakan piring letakkan ½ sendok petis di atas piring saji susun mie, tauge, selada, potongan perkedel, dan potongan tahu putih aduk hingga merata, kemudian taburkan bawang goreng diatas tahu campurnya tambahkan kerupuk sebagai pelengkapnya. Dan selesai tahu campur siap untuk disantap dengan cita rasa yang khas dari daerah Lamongan.


SHARE

About M Rizal Fakhri A

0 komentar :

Posting Komentar