Enjoy cooking
Browse through over
650,000 tasty recipes.
Home » » Mangut Beong Cmiiwww

Mangut Beong Cmiiwww

Makanan Khas Jawa,  Makanan Khas Jawa Timur,  Makanan Khas Jawa Barat,  Makanan Khas Jawa Tengah,  Makanan Khas Jawa Tradisional,  Makanan Khas Jawa Murah, Makanan Khas Jawa Bergizi, Makanan Khas Jawa,  Aneka Makanan Khas Jawa, Wisata Makanan Khas Jawa



Jika ingin berlibur di daerah candi Borobudur kabupaten Magelang Jawa Tengah jangan sampai terlewatkan kesempatan menyantap makanan khas Magelang mangut beong ini. Nama beong mungkin asing di telinga sebagian banyak orang. Ikan air tawar ini hidup di Sungai Progo yang berhulu di sekitar Gunung Sindoro. Ikan beong ini ciri cirinya berwarna hitam pekat, memiliki patil, dan "kumis" melintang panjang yang mirip ikan lele. tetapi, ekornya mirip dengan ikan bandeng. Ikan beong ini mungkin sebagian besar orang akan mengerti jika ikan ini adalah ikan Manggasius. Mangut adalah masakan seperti gulai yang encer namun pedas. Yang biasa dimasak menjadi mangut adalah ikan air tawar.  Sedangkan beong adalah ikan air tawar sebangsa lele, namun dengan ukuran yang sangat besar. Beong adalah ikan endemik yang hanya bisa ditemukan di sungai Progo dan kini sudah mulai langka , tapi kabarnya Beong ini mulai dibudidayakan warga sekitar. kebanyakan yang paling disukai oleh para konsumen dari ikan Mangut Beong adalah bagian kepalanya. Cara memasaknya Mangut Beong ini diproses dengan cara digoreng sampai garing terlebih dahulu lalu dimasukkan ke kuah pedas sampai bumbunya meresap.
Kuah pedas yang dimasak dengan cabe rawit ini rasanya akan sangat pedas dilidah para konsumennya. Sangat cocok sekali bagi para pecinta makanan yang suka pedas. Mangut Beong ini bisa di nikmati dengan sayur trancam dan nasi putih padat yang masih panas. Sayur trancam ini selain menambahkan nikmat untuk makan juga untuk mengimbangi pedasnya mangut. Di setiap warung makanan yang menjual makanan ini juga menyediakan lauk lainnya, ayam bacem, wader goreng, oseng-oseng kikil. Harga per porsi mangut beong berbeda beda yang tergantung besar kecilnya irisan ikan beong. Harga mulai dari 12 ribu untuk yang ukuran sedang. Kalau ingin yang ikan utuh pun bisa disediakan. agar sekalian puas menikmati hidangan Wisata Kuliner khas Magelang ini. Jadi jangan sampai kelewatan untuk mencicipi makanan khas Magelang ini.
SHARE

About M Rizal Fakhri A

0 komentar :

Posting Komentar