Enjoy cooking
Browse through over
650,000 tasty recipes.
Home » » Karedok Makanan Khas Sunda yang Membahana

Karedok Makanan Khas Sunda yang Membahana

Makanan Khas Jawa,  Makanan Khas Jawa Timur,  Makanan Khas Jawa Barat,  Makanan Khas Jawa Tengah,  Makanan Khas Jawa Tradisional,  Makanan Khas Jawa Murah, Makanan Khas Jawa Bergizi, Makanan Khas Jawa,  Aneka Makanan Khas Jawa, Olahan Makanan Khas Jawa

Karedok merupakan makanan sajian khas tradisional dari Jawa Barat, yang menggunakan sayu sayuran yang segar dan mentah, seperti kacang panjang, kol, terong bulat, taoge, ketimun, daun kemangi kemudian semua bahan dicampur menjadi satu lalu disirami dengan saus bumbu kacang yang gurih dan pedas yang akan memberikan sensasi yang sedap saat disantap. Bahan bahan untuk pembuatan saus kacang yaitu cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam dan terasi. Karedok ini biasanya menjadi makanan pelengkap dalam menu sehari hari. Karedok ini ada beberapa macamnya, karedok leunca, karedok terong, dan karedok kacangpanjang.  Namun karedok leunca lah yang paling diminati oleh para konsumen.
Asal mula Karedok ini adalah karena makanan ini berasal dari desa Karedok, sebuah perkampungan yang terletak di seberang sungai Cimanuk, dahulu sebelum desa tersebut menjadi desa karedok, desa itu adalah Desa Sumedang Lanang atau Negara Mayeut. Karena dahulu desa Sumedang Lanang ini terjadi musibah yang mengharuskan warganya untuk berpindah di sebuah desa yang bernama Desa Babakan Dobol. Seiring dengan berjalannya waktu, di desa Babakan Dobol ini perkembangannya berkembang dengan pesat karena tanah di daerah tersebut sangat subur dan pendatang yang tinggal disana menjadi menetap.
Konon ketika petinggi desa Sumedang Lanang beristirahat di desa Dobol ini dihidangkan Karedok terong,setelah mencicipi karedok tersebut ia merasakan kenikmatan yang luar biasa atas jamiuan masyarakat kampung tersebut.Kenikamatan makan karedok terong tersebut dibicarakan kepada sesepuh Sumedang dan merasa penasaran kemudian ia pun mengajak rekan2 nya Ngalintar ke Leuwi Kiara di aliran sungaiCimanuk yang berdekatan dengan Kampung Dobol,begitu pula saat sesepuh beristirahat di jamu pula dengan perjamuan Karedok dan kenikmatan yang sama pula dirasakan oleh sesepuh Sumedang.Sehingga mulai saat itu “Kampung Dobol”berubah namanya menjadi  “Kampung Karedok” dan sekaligus menjadi nama “Desa Karedok” hingga sekarang.

Sekarang para penjual Karedok ini banyak sekali untuk ditemukan, terdapat di pinggiran jalan, took warung warung kecil sampai di restoran pun juga ada, jadi jangan ketinggalan untuk mencicipi makanan khas Jawa Barat ini yaitu Karedok.
SHARE

About M Rizal Fakhri A

0 komentar :

Posting Komentar