Enjoy cooking
Browse through over
650,000 tasty recipes.
Home » » Minuman Sampah Khas Kota Pelajar

Minuman Sampah Khas Kota Pelajar

Makanan Khas Jawa,  Makanan Khas Jawa Timur,  Makanan Khas Jawa Barat,  Makanan Khas Jawa Tengah,  Makanan Khas Jawa Tradisional,  Makanan Khas Jawa Murah, Makanan Khas Jawa Bergizi, Makanan Khas Jawa,  Aneka Makanan Khas Jawa, Wisata Makanan Khas Jawa


Wedang uwuh adalah minuman khas dari Yogyakarta, terbuat dari bahan seperti mirip dengan sampah. Dalam bahasa Jawa, wedang berarti minuman, sedangkan uwuh berarti sampah. Wedang uwuh disajikan panas atau hangat memiliki rasa manis dan pedas dengan warna merah cerah dan aroma harum. Rasa pedas karena bahan jahe, sedangkan warna merah karena adanya secang. Mulanya wedang uwuh masih berbentuk bahan utuh berupa rempah-rempah asli, namun seiring berkembangnya zaman dan kebutuhan akan kepraktisan, saat ini wedang uwuh sudah dikembangkan menjadi dalam bentuk instan, maupun bentuk celup. Di area terminal Imogiri, Kabupten Bantul, Yogyakarta yang berdekatan langsung dengan komplek makam Raja Mataram, terdapat banyak warung yang menjual wedang uwuh.

Khasiat wedang uwuh dapat menyembuhkan batuk, capek, masuk angin, pegal, dan kembung. Meskipun memiliki rasa yang enak dan berkhasiat, tetapi harganya sangat murah sekali, yakni hanya Rp. 3 ribu tiap gelasnya. Jika anda ingin menikmati wedang uwuh di rumah, para penjual wedang uwuh juga menyediakan racikannya yang telah dikemas dalam bentuk plastik. Untuk setiap plastik racikan wedang uwuh, cukup ditebus dengan harga Rp. 2 ribu.
SHARE

About M Rizal Fakhri A

0 komentar :

Posting Komentar